Senin, 20 Februari 2012

Renungan Warta Minggu-3 Februari 2012


Bersikap dan Bertindak Seperti Kristus
(Mazmur 119: 33-40 & Matius 5: 38-48)

Saudara yang dikasihi Tuhan, sikap dan tindakan merupakan dua hal yang tidak dapat dilepaskan dari hidup manusia. Semua yang kita lakukan tiap-tiap hari menunjukkan sikap dan tindakan kita, apakah itu hal yang baik atau yang tidak baik. Sikap sebagai faktor internal merupakan keadaan batin manusia, yang mendasari dan menentukan suatu tindakan. Sedangkan tindakan adalah apa yang diperbuat dari sikap yang diambil seseorang. Misalnya, jika seseorang  memiliki sikap benci kepada sesamanya, maka tindakannya akan menunjukkan sikapnya, seperti menghindari, melontarkan kata-kata kasar, dst.
Dalam bacaan kita dari Matius 5: 38-48, Yesus berbicara mengenai bagaimana kita sebagai orang percaya, dapat bersikap dan bertindak melampaui apa yang biasa orang lakukan. Secara sederhana teks ini mau mengatakan bahwa, jika kita mengasihi orang yang mengasihi kita, atau menolong orang yang menolong kita, atau membalas orang yang jahat kepada kita dengan kejahatan pula, itu adalah hal yang biasa. Yesus dalam bagian ini memberikan perintah yang melampaui apa yang hukum Taurat berikan. Misalnya, beberapa bagian dari teks ini mengatakan demikian: “Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi. Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapa pun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu” atau “Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu. Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu”.
              Saudara, ajaran dan perintah Yesus dalam bagian ini seharusnya menjadi dasar dari sikap dan tindakan kita sehari-hari. Sikap dan tindakan kita semestinya tidak ditentukan oleh sikap dan tindakan orang lain kepada kita. Sikap yang harus kita miliki adalah, sekalipun ada orang yang tidak senang kepada kita, kita tetap mengasihi dan tidak menghindarinya. Mulai sekarang, mari kita mengubah konsep yang lama dengan bersikap dan bertindak seperti Kristus. Selamat hari Minggu. (disarikan dari Dian Penuntun - hr_do)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar