Jumat, 16 Maret 2012

Renungan Warta Minggu-3 Maret 2012


Matahati yang Melihat Terang
( 1 Samuel 16 : 1 - 13   ;   Efesus 5 : 8 - 14 )         

Seorang ahli biologi melakukan percobaan dengan memasukkan seekor tikus ke dalam bak berisi air dengan keadaan gelap gulita. Tikus tersebut hanya tahan berenang selama 7 menit kemudian mati. Tikus kedua juga dimasukkan ke dalam bak berisi air, namun diberi sedikit cahaya. Hasilnya, tikus tersebut mampu berenang dan bertahan selama 36 jam! Setitik cahaya ternyata memberi perbedaan yang sangat besar dalam kehidupan makhluk hidup.
            Demikian juga seperti yang terjadi pada seorang muda bernama Daud. Siapa yang menyangka, bahwa seorang anak gembala memiliki potensi untuk menjadi seorang raja, bahkan ia menjadi raja yang terbesar dalam sejarah Israel. Tetapi seperti kata Tuhan, ”manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi Tuhan melihat hati”.
            Rasul Paulus pun menasehati jemaat untuk hidup sebagai anak-anak terang. Ciri utamanya adalah tidak bersikap netral atau berdiam diri terhadap perbuatan-perbuatan kegelapan yang memalukan. Menurut Paulus seharusnya orang Kristen tidak lagi ambil bagian dalam perbuatan kegelapan (Ef. 5:11-12), sebab telah terjadi perubahan yang radikal sejak menerima terang Kristus (Ef. 5:14).
            Hidup sebagai anak terang merupakan panggilan utama kita sebagai pengikut Kristus. Kalau kita gagal bersinar di dalam kegelapan sebagai gereja, kita perlu bangun dari tidur dan berdoa meminta cahaya Kristus menerangi hati kita. Apabila orang Kristen bersekutu dengan terang Kristus, hidup kita merupakan teguran bagi dunia ini. Perbuatan-perbuatan kegelapan dengan sendirinya akan dilelanjangi oleh terang itu, dan harapannya masyarakat di sekitar kita akan tertarik juga melihat dan mencari sumber terang itu. Dengan demikian mereka akan berjumpa dengan Yesus Kristus dan memperoleh terang kehidupan kekal. Betapa besar dampak terang Kristus yang menerangi hati kita, bukan saja mata hati kita dapat melihat terang itu, Allah sesuai kasih karuniaNya akan bekerja melalui hidup kita agar dunia di sekitar kita tertarik dan mencari sumber terang dalam Kristus. (EK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar